Pengenalan Jenis ID Card

Pengenalan Jenis ID Card - ID Card atau Identity Card adalah kartu sebagai tanda pengenal yang biasanya terdapat data identitas dari si pemilik kartu tersebut. Tidak hanya itu, saat ini ID Card memiliki fungsi untuk kemudahan dalam kita bertransaksi maupun dalam akses ke sebuah tempat.
Saat ini ada 3 jenis ID Card yang dapat kita gunakan, dari mulai yang biasa, magnetic dan proximity dll. Namun banyak dari kita yang kurang paham tentang perbedaan kartu-kartu tersebut. Sebab itu, mari kita bahas satu per satu tentang jenis ID Card tersebut.

1. Kartu Biasa



Kartu jenis ini biasanya hanya digunakan untuk identitas pengenal pribadi. Tidak banyak perlengkapan yang berbau teknologi karena biasanya hanya berisikan data pemilik kartu saja, contoh seperti KTP, ID Card Pegawai.

2. Kartu Magnetic



Kartu jenis ini adalah kartu yang mampu menyimpan data dengan memodifikasi daya magnet dan partikel kecil magnetik berbasis pada pita dari material magnetik tersebut. Kartu ini dapat menyimpan data sebagai rahasia dari si pemilik kartu. Cara menggunakannya hanya dengan menggesekan atau memasukan kartu pada alat reader magnetic untuk melakukan transaksi dan sebagainya.  Contohnya seperti Credit card.

3. Kartu Proximity / Kartu RFID



adalah nama yang umum digunakan untuk contactless card yang digunakan untuk security acces system atau system pembayaran. Frekuensi yang umum digunakan pada kartu dan alat pembacanya (card reader) adalah 125 kHz atau yang generasi lebih baru bekerja pada frekuensi 13.56 MHz. Proximity Card dikenal juga dengan nama RFID smartcard contactless. Standarisasi kartu ini umumnya yaitu ISO/IEC 14443 (jarak baca kartu) dan ISO/IEC 15693. Umumnya jarak baca berkisar 0 sampai 3 inch sehingga memungkinkan untuk ditaruh dalam tas atau dompet.


4. Kartu Mifare



Sejenis kartu semi konduktor yang diproduksi oleh NXP (philips) yang sering digunakan untuk public transportation, parking, ID card, sistem absensi, tiket, kartu kredit, kartu toll, dan masih banyak aplikasi lainya. Frekuensi yang umum digunakan pada kartu dan alat pembacanya (card reader) adalah 13.56 MHz. Dapat menyimpan data berupa nama, No ID, dan sidik jari pegawai Cara pengabsenan dengan mencocokan data kartu dengan data mesin. Isi dalam kartu dapat diubah, dihapus, dan diperbarui. Pembacaan kartu melalui signal radio dari kartu. Tidak menggunakan baterai, dapat dipakai terus menerus.

Souvenir Murah Klik Disini


Itulah beberapa jenis ID Card yang sering digunakan saat ini, untuk memudahkan akses kita dalam melakukan segala hal tentunya. 




kami melayani pembuatan id card murah. Konsultasikan kebutuhan anda kepada kami, kami siap melayani anda dengan sepenuh hati. Hubungi marketing kami 08161645495 / 085892293936 atau email ke marketing@kartuidcard.net

Komentar